SELAMAT DATANG BULAN RAMADHAN

Pernyataan Orang-orang Terkenal

"Orang yang berhasil bukanlah orang yang tak pernah gagal melainkan orang yang TAK PERNAH MENYERAH Jangan pernah menuntut seseorang utk melakukan hal yang belum bisa kau lakukan Cinta itu kuat seperti maut, ia bisa MENGELUARKAN seluruh potensi dalam hidupmu, atau ia akan MENGUBURNYA sampai akhir hidupmu"(Iwan Wahyudi, S.T. Get Your WISDOM: 30 Inspirasi untuk Menjadi Bijak. Indonesia: Metanoia, 2006.)"

STANDAR SERTIFIKASI TEKNOLOGI INFORMASI BIDANG INTERNET

Kamis, 27 Mei 2010
 1. LATAR BELAKANG

Perkembangan Teknologi Informasi yang pesat khususnya di bidang Internet, sehingga  diperlukan sumber daya manusia yang handal serta mampu bersaing dengan Tenaga IT di dunia. Namun sumber daya manusia ini tidak dapat dipenuhi sehingga timbul krisis sumber daya manusia. Dalam dokumen BHTV, ternyata pada tahun 2010 dibutuhkan sekitar 350.000 tenaga di bidang IT di Indonesia. Angka ini masih kecil jika dibandingkan dengan kubutuhan akan tenaga IT di dunia.

Untuk meningkatkan kualitas SDM maka diperlukannya kerjasama antara institusi pendidikan formal maupun informal. Dengan membuat standar kompetensi diharapkan dapat meningkatkan jumlah SDM yg seusai dengan kebutuhan IT serta mampu mengikuti secara cepat perkembangan kemajuan teknologi sehingga dapat memenuhi krisis SDM dan mampu bersaing dengan tenaga IT di dunia.

standar kompetensi dibutuhkan untuk memudahkan bagi perusahaan atau institusi untuk Standar dan sertifikasi dapat dilakukan oleh badan yang resmi dari pemerintah atau dapat juga mengikuti standar sertifikasi di industri, yang sering juga disebut vendor certification. Untuk contoh yang terakhir (vendor certification), standar industri seperti sertifikat dari Microsoft atau Cisco merupakan standar sertifikasi yang diakui di seluruh dunia. Padahal standar ini dikeluarkan oleh perusahaan, bukan badan sertifikasi pemerintah. Memang pada intinya industrilah yang mengetahui standar yang dibutuhkan dalam kegiatan sehari-harinya.


2. LAPANGAN PEKERJAAN
Ada berbagai jenis pekerjaan di bidang IT. Pengelompokan jenis pekerjaan bergantung kepada acuan yang digunakan. Akan tetapi ada hal yang sama. Salah satu cara untuk melihat lapangan pekerjaan di bidang IT adalah dengan menanyakan kepada industri IT atau mengambil data-data dari lowongan pekerjaan yang ditawarkan. Berikut ini adalah beberapa kategori lowongan pekerjaan yang ditawarkan di lingkungan Penyedia Jasa Internet (PJI) atau Internet Service Provider (ISP):

·         Web Developer / Programmer

·         Web Designer

·         Database Administrator

·         System Administrator

·         Network Administrator

·         Help Desk

·         Technical Support

Masing-masing kategori di atas memiliki kebutuhan kompetensi yang berbeda-beda.


3. KOMPETENSI DI BIDANG IT
Dalam bagian ini akan dibahas masalah seputar kompetensi di bidang IT. Kompetensi ditunjukkan dengan dimiliki dan didemonstrasikannya kemampuan (skill).

Sebagai catatan, kompetensi yang ditunjukkan dengan kode “ANTA” merupakan standar kompetensi yang direkomendasikan oleh Australian National Training Authority (ANTA).


3.1      Ketrampilan Mendukung (Support) Solusi IT

·         Menghubungkan perangkat keras. (ANTA: ICAITS014B)

·         Melakukan instalasi Microsoft Windows

·         Melakukan instalasi Linux

·         Pasang dan konfigurasi mail server, ftp server, web server

·         Memahami Routing

·         CGI programming


3.2      Ketrampilan Penggunaan IT

·        Kemampuan mengoperasikan perangkat keras. (ANTA: ICAITU005B)

·         Administer dan melakukan konfigurasi sistem operasi yang mendukung network. (ANTA: ICAITS120A)

·         Administer perangkat network. (ANTA: ICAITS121A)

·         Mencari sumber kesalahan di jaringan dan memperbaikinya. (ANTA: ICAITS122A)

·         Mengelola network security. (ANTA: ICAITS123A)

·         Monitor dan administer network security. (ANTA: ICAITS124A)

·         Monitor dan administer sebuah database. (ANTA: ICAITS125A)

·         Kemampuan menangkap digital image. (ANTA: ICPMM21cA)

·         Mengakses Internet. (ANTA: ICPMM63bA)

·         Membuat halaman web dengan multimedia. (ANTA: ICPMM65dA)

·         Penggunaan perangkat lunak Internet berbasis Windows seperti Internet Explorer, telnet, ftp, IRC.

3.3      Pengetahuan di bidang IT
Selain memiliki kompetensi teknis di bidang IT, diharapkan seorang pelaku di bidang IT juga memiliki pengetahuan tambahan yang juga berkatian dengan bidang IT. Berikut ini adalah daftar pengetahuan bidang IT.

·         Dasar perangkat keras. Memahami organisasi dan arsitektur komputer.

·         Dasar-dasar telekomunikasi. Mengenal perangkat keras komunikasi data serta memahami prinsip kerjanya.

·         Bisnis Internet. Mengenal berbagai jenis bisnis Internet


4. KOMPENTENSI DAN LAPANGAN PEKERJAAN

Kompetensi yang di sebutkan pada bagian sebelumnya digunakan untuk mengembangkan paket yang dikhususkan untuk bidang tertentu yang terkait dengan lapangan pekerjaan (seperti web developer, help desk, dan seterusnya). Dalam bagian ini akan ditunjukkan kompetensi untuk masing-masing bidang pekerjaan tersebut.

Kompetensi dasar standar (standard core competency) yang harus dimiliki oleh kesemua kategori lapangan pekerjaan yaitu:

·         Kemampuan mengoperasikan perangkat keras. (ANTA: ICAITU005B)

·         Mengakses Internet. (ANTA: ICPMM63bA)

4.1      Web Developer / Programmer
·         Membuat halaman web dengan multimedia. (ANTA: ICPMM65dA)

·         CGI programming

4.2      Web Designer
Berikut ini adalah kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang web designer

·         Kemampuan menangkap digital image. (ANTA: ICPMM21cA)

·         Membuat halaman web dengan multimedia. (ANTA: ICPMM65dA)

4.3      Database Administrator
Database Administrator berkorelasi dengan sertifikasi ANTA ICA40299. Kompetensi yang harus dimiliki:

·         Monitor dan administer sebuah database. (ANTA: ICAITS125A)

4.4      System Administrator
·         Menghubungkan perangkat keras. (ANTA: ICAITS014B)

·         Melakukan instalasi Microsoft Windows

·         Melakukan instalasi Linux

·         Pasang dan konfigurasi mail server, ftp server, web server

·         Memahami Routing

4.5      Network Administrator
·         Menghubungkan perangkat keras. (ANTA: ICAITS014B)

·         Administer dan melakukan konfigurasi sistem operasi yang mendukung network. (ANTA: ICAITS120A)

·         Administer perangkat network. (ANTA: ICAITS121A)

·        Memahami Routing

·         Mencari sumber kesalahan di jaringan dan memperbaikinya. (ANTA: ICAITS122A)

·         Mengelola network security. (ANTA: ICAITS123A)

·         Monitor dan administer network security. (ANTA: ICAITS124A)

4.6      Help Desk
·         Penggunaan perangkat lunak Internet berbasis Windows seperti Internet Explorer, telnet, ftp, IRC.

4.7      Technical Support
Kemampuan yang harus dimiliki

·        Menghubungkan perangkat keras. (ANTA: ICAITS014B)

·        Melakukan instalasi Microsoft Windows

·         Melakukan instalasi Linux

·         Mencari sumber kesalahan di jaringan dan memperbaikinya. (ANTA: ICAITS122A)

·         Penggunaan perangkat lunak Internet berbasis Windows seperti Internet Explorer, telnet, ftp, IRC.

·         Pasang dan konfigurasi mail server, ftp server, web server



 5.  METODA PENGUJIAN

Setelah kompetensi diketahui harus dibuat mekanisme untuk pengujian (assesment) untuk menilai apakah seseorang sudah memiliki kompetensi yang diuji.

[Metoda pengujian akan dibahas lebih lanjut. Salah satu alternatif yang diusulkan adalah mengikuti standar dari Australian National Training Authority (ANTA).]

Sumber :
http://mkusuma.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/9025/SERTIFIKASI-IT.zip

0 komentar:

Posting Komentar